SMA NEGERI 2 Wates

Jl. Wahid Hasyim, Bendungan, Wates, Kulon Progo, D.I. Yogyakarta

Smada JAYA

DARMANING SENAPATI

Rabu, 06 Desember 2023 ~ Oleh Ichwan Januar Sulistyono, S.Pd. ~ Dilihat 745 Kali

Sebuah lakon epic nan patriotis tersaji pada halaman Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta pada tanggal 9 November 2023. Sebuah pementasan yang melakonkan Srikandhi sebagai tokoh utamanya yang harus menghadapi eyangnya sendiri, yaitu Resi Bisma. Pementasan yang menggabungkan 4 unsur seni tradisional, yaitu seni tari, seni karawitan, seni peran, dan seni pedalangan tersebut, mendapat apresiasi yang tinggi dari masyarakat / pengunjung sekitar Malioboro / 0 km Yogyakarta.

Pementasan tersebut bertajuk Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) 2023 yang dilaksanakan oleh Dinas Dikpora DIY. SMA Negeri 2 Wates diberi amanah untuk menjadi salah satu peserta GSMS 2023. Ibu Mastri Wardani Dwi Siwi, S.Pd. Dan Bapak Didik Suhendri, S.Pd. Selaku koordinator sekolah dalam melaksanakan GSMS, menunjuk seniman tari asli Kulon Progo, yaitu Bapak Herida Damar Wulan, M.Pd., selaku pembina kontingen SMA Negeri 2 Wates.

SMA Negeri 2 Wates mengusung tema perjuangan dan pengorbanan Srikandhi sebagai bentuk refleksi diri para pemuda, khususnya warga SMA Negeri 2 Wates dalam memaknai perjuangan mempertahankan bangsa. Selain itu juga sebagai media memperkenalkan seni budaya pewayangan pada generasi muda melalui sajian yang menarik.

Kontingen SMA Negeri 2 Wates memberi judul karyanya Darmaning Senapati (Pengorbanan Senapati). Ide cerita berasal dari diskusi bersama antara Bapak Herida Damar Wulan, M.Pd., Ibu Mastri Wardani Dwi Siwi, S.Pd., dan penulis (Ichwan Januar Sulistyono, S.Pd.). Sutradara dan penata tari adalah Bapak Herida Damar Wulan, M.Pd. dan penata iringan adalag penulis. Penari berasal dari siswi-siswi SMA Negeri 2 Wates, begitu pula para pengrawitnya.

  1. TULISAN TERKAIT