SMA NEGERI 2 Wates

Jl. Wahid Hasyim, Bendungan, Wates, Kulon Progo, D.I. Yogyakarta

Smada JAYA

LIRIK DAN MAKNA MARS SMA NEGERI 2 WATES VERSI GAMELAN (LARAS PELOG NEM)

Rabu, 06 Desember 2023 ~ Oleh Ichwan Januar Sulistyono, S.Pd. ~ Dilihat 826 Kali

Satu kepercayaan besar kami adalah pendidikan merupakan pondasi dasar untuk mewujudkan tujuan negara Indonesia yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

 

Pendidikan karakter menjadi salah satu tujuan utama SMA Negeri 2 Wates dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang tertuang dalam visi sekolah, yaitu “Terbentuknya lulusan yang Religius, Unggul, Berbudaya, dan Berwawasan Lingkungan”. Salah satu karakter yang menjadi prioritas adalah karakter berbudaya, dalam hal ini budaya daerah / kejogjaan. SMA Negeri 2 Wates melalui Pawitra Laras (Paguyuban Karawitan dan Seni Tradisi) berusaha keras untuk menjadi pondasi poin karakter berbudaya.

 

Salah satunya melalui launching Mars SMADA versi gamelan dan bahasa jawa yang diciptakan oleh penulis, sebagai bentuk pelestarian nilai-nilai luhur budaya daerah / kejogjaan. Mars ini dilaunching pada HUT SMA Negeri 2 Wates ke 39 tahun pada 2021 silam. Mars yang memiliki pola garap lancaran ini menggunakan gamelan laras pelog pathet nem. Berikut lirik (cakepan) mars SMADA :

Bait 1

Murwakani pawiyatan kabudayan kang kinarya,

Mrih krenteging dwija siswa kang nyawiji,

Nguri uri kabudayan,

Dadya gayuhan utama,

Nggegulang seni budaya,

Ginaris ing Kulon Progo,

 

Makna dari bait 1 ini adalah SMA Negeri 2 Wates diharapkan menjadi ujung tombak dalam pelestarian nilai-nilai budaya yang luhur. Guru dan siswa bahu membahu, saling membantu dalam melaksanakan program-program sekolah berbasis budaya, karena nilai-nilai luhur budaya akan membentuk karakter yang : (1) tenggang rasa, (2) saling menghargai, (3) saling membantu, (4) menjunjung tinggi adab. Dengan hal tersebut, SMA Negeri 2 Wates akan memiliki keunggulan dalam pelestarian budaya baik di Kulon Progo ataupun di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bait 2

Yo kanca sengkut gumregut,

Samya cancut tali wanda,

Amring pawiyatan luhur,

Kalih wates papanipun.

                        Makna dari bait kedua ini adalah jika antar warga SMA Negeri 2 Wates bersatu dan bahu membahu dalam pelestarian budaya, pasti akan membawa nama baik pribadi warga SMA Negeri 2 Wates maupun secara kelembagaannya.

  1. TULISAN TERKAIT